Minggu, 24 November 2013

Manfaat tumbuh-tumbuhan tradisonal Indonesia

Disini buat para pembaca untuk mengetahui khasiat obat-obatan tradisional, yuk cuss baca cin.. ;-D

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Tanaman Obat

Tanaman kumis kucing mengandung beberapa senyawa kimia penting antara lain :
orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, saponin, garam kalium, zat samak, minyak lemak, sapofonin, mioinositol, dan sinensetin. Keberadaan senyawa-senyawa tersebut menjadikan kumis kucing berkhasiat dalam mengobati sejumlah penyakit

Beberapa manfaat kumis kucing untuk obat antara lain :

  1. Mengatasi infeksi pada ginjal dan infeksi kandung kemih
  2. Mengatasi sakit kencing batu
  3. Menyembuhkan encok
  4. Sebagai peluruh air seni
  5. Mengatasi keputihan
  6. Dan menghilangkan panas dan lembab
Cara mencapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing sebagai obat yaitu dengan memanfaatkan seluruh bagian tanaman baik dalam keadaan basah ataupun sudah dikeringkan terlebih dahulu baik dengan cara dipanggang ataupun dijemur dibawah sinar matahari.
Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikannya sebagai minuman dengan cara merebus 30-60 gram tanaman yang sudah kering atau 90-120 gram yang masih basah dengan air secukupnya, air tersebut bisa anda konsumsi secara rutin dan teratur 2 atau 3 kali sehari.
Demikian ulasang mengenai manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh dan cara mendapatkan manfaatnya, semoga bermanfaat bagi anda semua.
Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh 

Manfaat Andong Dalam Dunia Kesehatan

Tanaman andong mengandung saponin, tanin, flavonoid, polifenol, steroida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Semua zat ini umumnya terletak pada bagian daun. Sebagian kecil berada pada bagian batang, bunga dan akar.
Masyarakat umumnya memanfaatkan beberapa bagian tanaman andong seperti daun, akar, dan bunga sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa jenis penyakit antara lain :
1. Untuk mengatasi batuk darah, urine berdarah, dan haid terlalu banyak.
Bagian yang dimanfaatkan yaitu daun atau akar
Cara pembuatan ramuannya yaitu dengan merebus daun andong segar ±90 gr, atau akar andong kering ±50 gr dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring.
Cara penggunaan : Minum pagi dan sore sebanyak ½ gelas.
2. Untuk obat diare / Disentri
Bagian yang dimanfaatkan : daun / akar tanaman
Cara membuat ramuannya : rebus bagian daun ±90 gr, atau akar andong kering ± 15 gr menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas. Saring, kemudian bagi menjadi tiga gelas ukuran sama.
Penggunaan : Minum 3 x sehari, yaitu pagi, siang, dan sore.
3. Mengatasi wasir
Bahan ramuan : daun andong 3 helai + daun wungu segar 7 helai.
Cara pembuatan : rebus bahan dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas.Saring
Penggunaan : minum secara rutin setiap hari.
4. Obati luka akibat sengatan binatang berbisa
Bagian yang digunakan : Daun andong.
Cara pembuatan : haluskan beberapa lembar daun andong segar. Kemudian panaskan diatas api.
Cara penggunaan : Dalam kondisi hangat, usapkan pada bagian tubuh yang terluka akibat sengata. Balut dengan kain. Ganti 2-3 kali sehari.
5. Mengobati radang gusi
Bagian yang dimanfaatkan : kulit kayu andong.
Cara membuat ramuan : kikis kulit andong secukupnya, tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata.
Cara penggunaan : Oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang
Demikian ulasan mengena manfaat andong sebagai tanaman obat beserta cara pembuatan ramuannya .smoga bermanfaat bagi anda semua.
Manfaat Andong Sbg Tanaman Obat

Manfaat kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Efek dari kafein dalam kopi akan dirasakan beragam oleh tubuh manusia. Ada yang langsung bisa merasakan efeknya secara langsung, sebagian lainnya bahkan tidak merasakan sama sekali. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan dari sifat genetika yang dimiliki oleh masing-masing orang terkait kemampuan metabolisme tubuhnya dalam mencerna kafein.

Dari beberapa hasil penelitian didapatkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu tubuh dalam menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap, dan juga menurunkan resiko terkena diabetes mellitus tipe 2.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat kopi untuk tubuh ( sumber : merdeka . com ) :

1. Mencegah batu ginjal.
Salah satu penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi  4 cangkir kopi setiap harinya, memiliki resiko tekena batu ginjal 25% lebih rendah dibandingkan mereka dengan konsumsi kopi kurang dari 4 cangkir.

2. Mencegah depresi.
Laporan penelitian (diterbitkan dalam Archives of internal medicine, 2011) menyebutkan bahawa wanita dengan konsumsi kopi 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki resiko tekena depresi 15% lebih rendah.

3. Mampu tingkatkan ketajaman ingatan.
Hasil penelitian Radiological Society of North Amerika thn 2005, menyebutkan bahwa seseorang dengan konsumsi 2 buah kopi berkafein tinggi dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan kecepatan reaksi dari tubuh orang tersebut.

4. Menurunkan resiko diabetes.
Orang yang mengkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan resiko terkena resiko diabetes tipe 2 (Journal of Agricultural & Food Chemistry, 2012).

5. Menurunkan risiko terkena kanker.
Penelitian tahun 2008 di swedia menyebutkan bahwa dengan minum 2-3 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko tubuh dari serangan kanker seperti kanker payudara, lecer, prostat.

6. Membantu metabolisme tubuh.
Konsumsi kopi bisa melancarkan metabolisme tubuh dan tentunya hal ini baik untuk anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

7. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Laporan penelitan (diterbitkan dalam journal of the American Medical Association, 2000) menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi dapat menurunkan resiko penyakit parkitson. Penelitian lainya yang dilakukan tahun 2010 juga memperoleh hasil bahwa dengan mengkonsumsi 2-3 gelas cangkir kopi dapat menurunkan resio penyakit parkitso sekitar 25%.

8. Sumber antioksidan bagi tubuh.
Salah seorang peneliti dari Harvard bernama Edward Giovannuci menunjukkan bahwa antioksidan dalam kopi lebih tinggi dibandingkan kebanyakan sayuran dan buah

9. Meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat berkerja.

10. Mencegah gout ( penyakit asam urat ).
Gout adalah penyakit dikarenakan penumpukkan asam urat secara berlebihan didalam tubuh, baik akibat adanya peningkatan produksi ataupun asupan makanan dengan kandungan purin berlebih, dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Pada akhirnya kristal asam urat menumpuk di persendian tubuh.
Dengan mengkonsumsi  4-6 gelas kopi sehari memiliki resiko tekenna encok 60% lebih rendah.

Demikian ulasan mengenai kandungan dan manfaat kopi untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.
Kandungan Dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh

Manfaat Kulit Manggis Untuk Obat Sintitis

Kulit manggis mengandung beberapa senyawa aktif yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu senyawa tersebut adalah Alpha mangostin. Senyawa ini bersifat antiinflamasi dan antioksidan, serta antibakteri dan antifungi. Dengan sifat antibakteri yang dimilikinya, senyawa ini dapat membantu tubuh dalam membunuh serta menghambat pertumbuhan bakteri dalam organ-organ tubuh, salah satunya yang masuk dan berkembang dalam urin.
Untuk itu, selain dengan penanganan medis, anda bisa menempuh pengobatan herbal dengan cara mengkonsumsi kulit manggis, dan untuk mendapatkan manfaat kulit manggis ini, caranya bisa dengan menjadikannya jus kulit manggis atau lainnya.
Untuk mengetahui cara mengolah kulit manggis menjadi jus kulit manggis, silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara membuat jus kulit manggis.
Manfaat Kulit Manggis Obati Sintitis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar