Sabtu, 30 November 2013

Pengertian dan Fungsi Kabel Coaxial


Tentang pengertian kabel coaxial tentu kita pernah mendengar nama kabel yang satu ini. Kabel coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air.
Kabel Coaxial

Fungsi kabel coaxial adalah untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz keatas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar.

Dalam penggunaan sehari-hari, kabel coaxial banyak dijumpai pada antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN. Penggunaan kabel koaksial dalam jaringan internet melengkapi instalasi kabel UTP yang juga berperan penting dalam jaringan LAN
Pengertian kabel UTP dan kabel STP
Sebelum belajar tentang jaringan, modal awal yang harus di ketahui pertama kali tentunya adalah jenis kabel apa yang dapat di gunakan untuk dapat membuat sebuah jaringan, kali ini saya akan share jenis kabel yang dapat digunakan untuk membuat sebuah jaringan.yaitu kabel UTP dan kabel STP, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kabel UTP dan kabel STP itu...??

Berikut ini adalah pengertian dari kabel UTP dan kabel STP.
Kabel STP

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQ1glAgGDWM2pNdUJY_8j2hekMCVQ8jHExPTlx8oPC_rB8mE5KCe50AFYinrZiRF98jJwXPR-nmfJ6Pfa6xkaMXK4ezrckSyJJknCBe8E_uFux6OEn6FIoSZQ1SZFZQDO3NVHuCiwDcE4/s1600/kabel+STP.bmp





Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakansalahsatu media transmisi yang digunakanuntukmembuatsebuahjaringan  yangberbasislokal ataubiasadisebut LAN (Local Area Network). Sesuainamanya Shielded Twisted Pair berartikabelpasanganberpilinatauterbelit denganpelindung.Hampirsamadengankabel UTP tapikabel STP mempunyaiselubunglagi yang menyelubungike 4 lilitankabel di dalamnya. Fungsililitandankulitpenyelubunginiadalahsebagaieleminasiterhadapinduksidankebocoran.


Kabel UTP.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya yaitu Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan yang berpilin atau terbelit tanpa pelindung. Fungsi dari lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. kabel jenis banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan selain harganya yang tidah terlalu mahal, kabel ini juga mudah untuk memotongnya karena hanya mempunyai satu kulit penyelubung. oleh karena itu banyak orang yang menggunakan kabel jenis ini untuk membuat sebuah jaringan.
Pengertian dan Fungsi Kabel Fiber Optik
Pernah mendengar istilah kabel serat optic atau pengertian kabel fiber optik? Jenis kabel fiber optik adalah teknologi terbaru dalam bidang transmisi data yaitu dengan memanfaatkan jalur akses berupa kabel dengan konsep filamen glas kaca. Jadi struktur dari kabel fiber optic yaitu memiliki inti berupa filamen glass dengan lapisan penguat dan paling luar terdapay lapisan pelindung yang menjaga kabel dari kerusakan fisik.
Transmisi data berupa cahaya dari laser atau lampu LED yang dapat menghantarkan gelombang informasi pada jarak yabg sangat jauh, lebih baik dari kabel biasa.
Data dan informasi dikonfersikan kedalam cahaya yang nantinya akan ditransmisikan kedalam kabel berupa serat optik. Kabel fiber optik memiliki kemampuan transmisi data yang lebih cepat dari kabel twisted atau koaksial, hal ini merupakan kelebihan tersendiri dari kabel ini, selain itu kemampuan bandwith yang jauh lebih besar juga merupakan nilai tambah tersendiri.
Karena fungsi kabel fiber optik yang begitu penting yaitu sebagai media transmisi data berkecepatan tinggi dengan hasil yang lebih baik, maka kabel ini banyak digunakan dalam jaringan internet dan keperluan penyaluran informasi.
Kekurangan kabel fiber optik adalah harga perangkat pendukungnya yang masih mahal, disamping teknisi atau tenaga ahli untuk instalasi kabel ini yang masih jarang karena teknologi fiber optic merupakan teknologi yang masih asing
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar